Saturday, March 14, 2009

Peduli Palestina lewat Mode




Peduli Palestina lewat Mode

KRISIS kemanusiaan yang semakin parah di Palestina membuat dunia angkat bicara. Bukan hanya dari segi sosial dan politik, juga mode. Desainer Timur Tengah Intisar Farekh-Khalifeh menggelar pertunjukan busana bertema Capturing the Colors of Palestine Through Fashion di Summit Clubhouse, Bellevue , Washington , AS.


Untuk melihat koleksi busana yang memperlihatkan warna-warni indah Palestina, pengunjung harus membayar biaya masuk sebesar USD50, di mana seluruh biaya masuk tersebut bakal disumbangkan bagi penduduk Palestina.


Intisar sendiri merupakan desainer yang pernah merancang busana bagi Ratu Noor dari Yordania serta mendesain keseluruhan seragam pramugari Royal Jordanian Airlines. Pergelaran busana ini merupakan pertunjukan pertama Intisar di Amerika.


Sebelum acara digelar, sempat terjadi keributan dan kemungkinan pembatalan karena dikhawatirkan pertunjukan tersebut akan memicu aksi anarkis sekelompok warga Arab. Namun, kekhawatiran itu berhasil ditepis dan acara kembali dilanjutkan.


"Sangat penting untuk melanjutkan acara karena seni dan fashion dapat menyampaikan pesan moral tentang kemanusiaan. Hal itu berkaitan dengan sisi lembut manusia yang tidak dapat diraih politik," ujar juru bicara Arab Center di Washington, Rhenda Meiser.


Adapun untuk koleksi busananya, desainer kelahiran Palestina 70 tahun lalu ini mempertunjukkan rangkaian busana tradisional Palestina berupa tunik sepanjang mata kaki serta modifikasinya, berupa tunik pendek sebatas pinggul. Hiasannya berupa sulaman tangan dalam motif floral, bentukan geometris, ataupun corak-corak pedesaan, gaya khas busana Palestina.


Menyiasati mood gelap yang kini menyelubungi negara kelahirannya, Intisar menghadirkan rangkaian warna cerah seperti oranye, pink, serta kuning di atas material ringan macam sutra dan beludru tipis. Perubahan yang cukup radikal dibanding busana asli Palestina yang terbuat dari katun tebal.


Intisar mengatakan, seluruh koleksinya yang berjumlah 18 set busana akan dijual dengan kisaran harga USD600-1.500, dan hasilnya bakal disumbangkan bagi Palestina.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home